Menu Makan untuk Jantung Sehat

Menu Makan untuk Jantung Sehat - Hallo sahabat askep, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Menu Makan untuk Jantung Sehat, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Perawat, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Menu Makan untuk Jantung Sehat
link : Menu Makan untuk Jantung Sehat

Baca juga


Menu Makan untuk Jantung Sehat

Jantung adalah salah satu organ vital dan penting dalam tubuh manusia. Jantung berperan dalam memompa darah keseluruh tubuh dan memastikan seluruh sel yang ada dalam tubuh manusia, mendapatkan kebutuhan nutrisi dan oksigen guna menjalankan operasional fungsi biologisnya. Bila jantung gagal merankan fungsinya maka bisa dipastikan semua sistem dalam tubuh akan terganggu. Apalagi dari hasil penelitian, Penyakit jantung adalah pembunuh nomer satu penduduk dunia. Oleh karena itu, menjaga kesehatan jantung merupakan hal yang sangat penting dan harus dilakukan sedini mungkin.

Untuk menjaga jantung tetap prima, maka aktivitas fisik, beban kerja jantung, dan waktu istirahat harus diperhatikan. Selain itu stress psikis juga harus di manajemen dengan baik karena stress yang tidak dikelola dengan baik juga dapat  mempengaruhi kinerja jantung. 

Selain itu, faktor gizi dan makanan juga harus diperhatiakan. Menurut Bpk Agus Sri Wardoyo (Ahli Gizi Asosiasi Dietisien Indonesia Jawa Timur), untuk menjaga kesehatan jantung, mengelola pola makan menjadi hal yang yang penting. Makanan yang mengandung kolesterol tinggi harus dihindari seperti kuning telur, udang, kepiting, kerang, cumi-cumi, kupang, susu, daging berlemak, semua jerohan (limpa, otak, ginjal, usus), santan, margarine, gajih/lemak, coklat. Ada singkatan untuk lebih mudah menghafal makanan yang tinggi kolesterol ini yaitu TeK-KUK-CS2 : Telur, Keju, Kepiting, Udang, Kerang, Cumi, Susu, Santan.

Mengonsumsi minyak berlebihan juga tidak dianjurkan. konsumsilah minyak seperlunya saja, dan hindari gorengan. Kalau terpaksa menggoreng, gunakan minyak yang mengandung asam lemak jenuh tunggal seperti minyak zaitun, minyak canola, minyak wijen dan minyak kelapa sawit atau bisa juga menggunakan minyak yang mengandung asam lemak ganda seperti minyak jagung, minyak bunga matahari, minyak kedelai, minyak kacang tanah atau minyak ikan. Tetapi jangan digunakan berulang-ulang.

Konsumsilah makanan yang banyak mengandung vitamin, mineral, serat, seperti sayuran dan buah-buahan antioksidan seperti jeruk, apel, teh bunga rosella, cuka apel, wortel, tomat. dll untuk menangkal radikal bebas yang biasanya banyak terdapat pada makanan yang mengandung bahan kimia. Bahan radikal bebas ini sangat berbahaya karena dapat merusak sel-sel organ tubuh termasuk sel otot jantung.

Batasilah konsumsi makana seperti : gula pasir (3 sdm/hr), daging ayam/kambing/sapi (100 gr/hr), telur (2 butir/mgg). Konsumsi karbohidrat seperti nasi juga harus dikontrol. 

Hindari minum alkohol, hindari merokok batasi makanan dalam bentuk jadi dan berbahan pengawet, bahan pewarna buatan dan bahan kimia lain yang dapat menjadi radikal bebas untuk jantung. Selain itu periksakan jantung secara rutin dengan EKG untuk mendeteksi sedini mungkin bila ada gangguan.

oleh : Bpk Agus Sri Wardoyo (Ahli Gizi Asosiasi Dietisien Indonesia Jawa Timur)


Demikianlah Artikel Menu Makan untuk Jantung Sehat

Sekianlah artikel Menu Makan untuk Jantung Sehat kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Menu Makan untuk Jantung Sehat dengan alamat link https://askep-nursing.blogspot.com/2014/06/menu-makan-untuk-jantung-sehat.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar