Yuk Kenalan dengan Ikan Nila

Yuk Kenalan dengan Ikan Nila - Hallo sahabat askep, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Yuk Kenalan dengan Ikan Nila, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Cuap-cuap, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Yuk Kenalan dengan Ikan Nila
link : Yuk Kenalan dengan Ikan Nila

Baca juga


Yuk Kenalan dengan Ikan Nila


assalamualaikum wr. wb sobat
alhamdulillah setelah sekian lama sejak zaman prasejarah tidak posting di blog ini, akhirnya ane mulai nulis lagi hehe. kali ini ane ingin share info tentang salah satu sumber protein hewani yang tidak asing lagi di telinga kita. Dia adalah ikan nila. Kenapa ikan nila? ya... karena ane kemarin diajak mancing sama sahabat ane yang punya kolam ikan nila dibelakang rumahnya jadi kepikiran mau posting tentang ikan nila hehe.

Sedikit cerita-cerita nih sobat, ternyata mancing ikan nila itu susah-susah gampang, mesti telaten, dan sabar. Timingnya harus tepat saat menarik joran pancing, kalau timingnya tidak tepat, terlalu cepat atau terlalu lama, ikan bisa lepas. Ane sempat frustasi kemarin waktu mancing. Bayangin sobat, umpan ane selalu digondol ikan, tapi pas ane tarik ikannya tidak ketarik gimana tidak emosi. Tapi berkat tekad membara, dan semangat juang 45 (alay bingit ya) akhirnya ane berhasil menaikkan ikan nila ke daratan. Walaupun masih amatir, ane kemarin dapat 4 ekor loo, lumayan buat buka puasa. hehe nah.. sekarang yuk kenalan dengan ikan nila karena tak kenal maka tak sayang hehe (apaan sih?)

Ikan nila adalah sejenis ikan konsumsi air tawar. Ikan ini diintroduksi dari Afrika, tepatnya Afrika bagian timur, pada tahun 1969, dan kini menjadi ikan peliharaan yang populer di kolam-kolam air tawar di Indonesia sekaligus hama di setiap sungai dan danau Indonesia. Nama ilmiahnya adalah Oreochromis niloticus, dan dalam bahasa Inggris dikenal sebagai Nile Tilapia.

Ikan peliharaan yang berukuran sedang, panjang total (moncong hingga ujung ekor) mencapai sekitar 30 cm dan kadang ada yang lebih dari itu. Sirip punggung ( pinnae dorsalis) dengan 16-17 duri (tajam) dan 11-15 jari-jari (duri lunak); dan sirip dubur (pinnae analis) dengan 3 duri dan 8-11 jari-jari.

Tubuh berwarna kehitaman atau keabuan, dengan beberapa pita gelap melintang (belang) yang makin mengabur pada ikan dewasa. Ekor bergaris-garis tegak, 7-12 buah. Tenggorokan, sirip dada, sirip perut, sirip ekor dan ujung sirip punggung dengan warna merah atau kemerahan (atau kekuningan) ketika musim berbiak.ada garis linea literalis pada bagian truncus fungsinya adalah untuk alat keseimbangan ikan pada saat berenang

JANTAN atau BETINA?
Ikan nila yang masih kecil belum tampak perbedaan alat kelaminnya. Setelah berat badannya mencapai 50 gram, dapat diketahui perbedaan antara jantan dan betina. 

caradaninfo.blogspot.com
Perbedaan antara ikan jantan dan betina dapat dilihat pada lubang genitalnya dan juga ciri-ciri kelamin sekundernya. Pada ikan jantan, di samping lubang anus terdapat lubang genital yang berupa tonjolan kecil meruncing sebagai saluran pengeluaran kencing dan sperma. Tubuh ikan jantan juga berwarna lebih gelap, dengan tulang rahang melebar ke belakang yang memberi kesan kokoh, sedangkan yang betina biasanya pada bagian perutnya besar.

JENIS IKAN NILA
Ada beberapa anak jenis ikan nila, di antaranya:

  1. O. niloticus niloticus
  2. Oreochromis niloticus baringoensis Trewavas, 1983
  3. Oreochromis niloticus cancellatus (Nichols, 1923)
  4. Oreochromis niloticus eduardianus (Boulenger, 1912)
  5. Oreochromis niloticus filoa Trewavas, 1983
  6. Oreochromis niloticus niloticus (Linnaeus, 1758)
  7. Oreochromis niloticus sugutae Trewavas, 1983
  8. Oreochromis niloticus tana Seyoum & Kornfield, 1992
  9. Oreochromis niloticus vulcani (Trewavas, 1983)

Ikan nila berkerabat dekat dengan mujair (Oreochromis mossambicus). Dan sebagaimana kerabatnya itu pula, ikan nila memiliki potensi sebagai ikan yang invasif apabila terlepas ke badan-badan air alami.

Genus Oreochromis memiliki kemampuan adaptasi yang tinggi dan toleransi terhadap kualitas air pada kisaran yang lebar. Anggota-anggota genus ini dapat hidup dalam kondisi lingkungan yang ekstrem sekalipun, karena sering ditemukan hidup normal pada habitat-habitat di mana jenis ikan air tawar lainnya tak dapat hidup. (Wikipedia.com)



NILA atau MUJAIR?
Karena berkerabat dekat dengan mujair, kadang kita kesulitan membedakan antara ikan nila dan ikan mujair. Tetapi sebenarnya ada ciri-ciri khusus yang dimiliki ikan nila yang dapat membantu kita membedakannya dengan ikan mujair. 

Ikan nila (afiesh.blogspot.com) 
Ikan Mujair (adearisandi.wordpress.com)
Yang membedakan kedua ikan ini adalah garis-garis di sirip ekor dan punggung. Pada ikan nila, sirip ekornya bergaris-garis hitam tegak lurus, dan pada sirip punggungnya garis-garis hitam tersebut melintang atau tegak lurus pada sirip. Sedangkan pada ikan mujair tidak terdapat garis-garis pada sirip ekor dan sirip punggungnya. Perbedaan lainnya yaitu berdasarkan perawakan. Dimana ikan nila akan tampak lebih montok, gempal dan padat berisi atau dagingnya lebih tebal (Mudjiman, 1986). Selain itu, ukuran ikan nila akan lebih besar dibandingkan ikan mujair serta pertumbuhannya lebih cepat. 

nah sekarang kita sudah kenal dengan ikan mujair nila, semoga infonya bermanfaat ya sobat.


Demikianlah Artikel Yuk Kenalan dengan Ikan Nila

Sekianlah artikel Yuk Kenalan dengan Ikan Nila kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Yuk Kenalan dengan Ikan Nila dengan alamat link https://askep-nursing.blogspot.com/2014/08/yuk-kenalan-dengan-ikan-nila.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar