Liburan kemana, Candi Jawi saja

Liburan kemana, Candi Jawi saja - Hallo sahabat askep, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Liburan kemana, Candi Jawi saja, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Cuap-cuap, Artikel Melancong, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Liburan kemana, Candi Jawi saja
link : Liburan kemana, Candi Jawi saja

Baca juga


Liburan kemana, Candi Jawi saja


Assalamualaikum Sobat, pada kesempatan ini saya ingin sharing tentang tempat wisata sekaligus peninggalan sejarah di daerah kampung halaman saya. Dia adalah Candi Jawi atau bahasa inggrisnya Jawi Temple (hehe). Kalau Sobat sekalian pernah main ke kawasan wisata Puncak Prigen, Puncak Trawas, atau Puncak Tretes dan lewat Jalan Raya Pandaan pasti melewati Candi ini. Candi Jawi terletak di antara jalan kecamatan Pandaan menuju kecamatan Prigen, tepatnya terletak di desa Candiwates. Kalau kita melintas dari arah Pandaan ke kawasan puncak Prigen, candi ini ada di kanan jalan dan bisa sobat sekalian saksikan dengan jelas karena letaknya memang sangat dekat dengan jalan raya.

Candi ini dibangun pada abad ke 13 dan merupakan peninggalan bersejarah kerajaan Hindu-Budha Singhasari. Banyak yang menduga bahwa Candi Jawi adalah tempat pemujaan dan atau tempat peribadatan, tapi yang sebenarnya candi Jawi adalah tempat penyimpanan abu dari raja terakhir Singosari, yaitu Kertanegara. Bentuk candi Jawi berkaki Siwa, berpundak Buddha. Bentuknya tinggi ramping seperti Candi Prambanan di Jawa Tengah, dengan ukuran luas 14,24 x 9,55 meter dan tinggi 24,50 meter. Pintu candi menghadap ke timur yang mempertegas bahwa candi ini bukan tempat pemujaan atau pradaksina.Terdapat relief pada dinding sekitar candi Jawi dan yang menambah keunikan lainnya adalah batu yang dipakai sebagai bahan bangunannya terdiri dari dua jenis. Bagian bawah terdiri dari batu hitam, sedangkan bagian atas batu putih. Hal ini juga mungkin mengindikasikan adanya dua periode pembuatan. (eastjava.com)


Nah untuk masuk ke kawasan Candi ini Sobat sekalian hanya dikenakan biaya parkir bila membawa kendaraan (kalau tidak salah Rp. 2000 untuk kendaraan bermotor, untuk mobil kurang tahu karena belum pernah bawa mobil hehehe). Sedangkan untuk ke candinya sendiri Sobat semua hanya ditarik biaya seikhlasnya kepada petugas yang bertugas di depan pintu kawasan candi.
Setelah itu sobat semua bisa menikmati keindahan dan keeksotisan candi Jawi sepuas-puasnya. Sobat juga bisa naik ke candi tersebut untuk melihat pemandangan Desa Candiwates yang indah dari atas candi (tapi hati-hati jatuh ya). 


Dibelakang candi juga ada taman bunga yang asri dan indah yang biasanya dipakai untuk tempat foto-foto oleh kaula muda maupun para wisatawan yang datang. Dulu ketika masih SMA, saya pernah piknik bersama teman-teman kelompok ilmiah remaja disana, karena tempatnya teduh dan tenang sehingga cocok untuk acara-acara kebersamaan seperti itu. 


Semoga info ini bisa jadi referensi tujuan tempat wisata akhir pekan atau hari libur sobat semua.


Demikianlah Artikel Liburan kemana, Candi Jawi saja

Sekianlah artikel Liburan kemana, Candi Jawi saja kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Liburan kemana, Candi Jawi saja dengan alamat link https://askep-nursing.blogspot.com/2014/06/liburan-kemana-candi-jawi-saja.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar